KURSOR merah

Translate

Kamis, 19 Juni 2014

1) Epidermis 2) Korteks 3) Endodermis 4) dan Silinder Pusat



Hai sobat bertemu lagi dengan saya tedy kurniadi kali ini kita membahas  tentang bagian bagian akar  gk usah banyak basa basi lagi kita langsung saja.
Bagian bagian akar dari luar ke dalam terdiri atas epidermis,korteks, endordermis,dan silinder pusat.

1)      Epidermis
(kulit luar) merupakan lapisan akar paling luar yang tersusun dari selapis sel hidup berdinding tipis. Sel selnya tidak berkutikula dan tidak berstomata. Sel – sel epidermis membentuk rambut akar yang berupa tonjolan -tonjolan untuk memperluas bidang penyerapan air dan garam mineral dari dalam tanah.
2)      Korteks
Korteks (kulit pertama) akar tersusun dari jaringan parenkim yang terdiri atas beberapa lapis sel. Sel-selnya berukuran relative besar, berbentuk silindris memanjang berbentuk memanjang dengan posisi sejajar sumbu akar, dan memiliki banyak ruang antar sel. Ruang  antar sel merupakan ruang udara untuksaluran pertukaran gas. Pada umumnya, sel – sel penyusun jaringanparenkin tidak berkloroplas, keculai pada beberapa jenis tumbuhan air dan tumbuhan epifit. Sel – sel penyusun jaringan parenkim  memungkinkan untuk menyimpan cadangan makanan.
3)      Endodermis
Endordermis terletak diantarakulit pertama dan silinder pusat. Bagian itu tersusun dari selapis sel berfungsi sebagai  sbagai pengatur masuk nya air dan garam-garam mineral ke pembuluh kayu (xylem). Keempat dinding sel endodermis  yang tegak lurus dengan silinder pusat mengalami penebalan dari zat gabus. Lapisan zat gabus menyebabkan air dan garam-garam mineral harus melewati plasma sel endodermis lebih dahulu sebelum masuk kesilinder pusat. Plasma sel endodermis yang bersifat semipermeabel memungkinkan pengaturan masuknya air dan garam-garam mineral.
                                Penebalan dinding sel endodermis akhirnya meluas sampai ke dinding yang berbatasan langsung dengan silinder pusat. Penebalan tersebutberbentuk seperti huruf U  yang sama sekali tak bias di lalui air dan garam-garam mineral. Pemasukan air dan garam-garam mineral ke silinder pusat berlangsung sel-sel  penerus (sel peresap) yang dinding nya tidak mengalami penebalan. Sel-sel itu terletak pada tempat – tempat  di anatara sel-sel penyusun jaringan endodermis. Sel –sel peresap berhadapan dengan berkas pembuluh kayu nsehingga memberikan jalan terpendek untuk dilewati air dan garam-garam mineral  dari korteks ke pembuluh kayu di dalam silinder pusat.
4)      Silinder Pusat
Silinder pusat (stele) meliputi seluruh jaringan yang terletak di sebelah dalam endodermis. Terutama, terdiri atas jaringan berkas – berkas pembuluh pengangkut dan jaringan lain. Proses pengangkutan air dan garam-garam mineral dari tanah menuju kebatang berlangsung melalui  berkas pembuluh kayu (xylem). Proses pengangkutan zat-zat makanan hasil fotosintesis dari daun ke seluruh tubuh tumbuhan berlangsung melalui berkas pembululh tapis (floem).
Comments
0 Comments

Tidak ada komentar :

Posting Komentar