KURSOR merah

Translate

Rabu, 18 Juni 2014

fungsi akar



Secara umum, semua akar berfungsi untuk menguatkan dan menegakkan tumbuhan serta menyerap air dan garam-garam mineral dari dalam tanah.



Beberapa jenis tumbuhan menggunakan akar sebagai,alat bantu pernapasan berupa akar napas

Akar lutut,  akar udara atau  agar gantung. Tumbuhan rawa-rawa yang hidup di tanah basah dan mengandung sedikit oksigen (O2) mempunyai akar napas untuk mendapatkan oksigen. Akar napas mencuat tegak lurus ke permukaan tanah. Jraingan leutnya seprti spon, dengan mudah di masuki udara menuju akar di dalam tanah.



Tumbuhan bakau yang tumbuh di daerah pasang surut memiliki akar lutut yang tumbuh nke udara lalu membengkok dan masuk lagi ke dalam tanah. Akar lututini dapat bernapas atau menghisap udara  saat air pasang dan meruskan ke akar lain dalam lumpur yang tidakmendapatkan udara. Anggrek memilikiakar udarayang berfungsi mengambiloksigen dari udara. Akar tumbuh anggrek kalajengkingtumbuh pada bagian atas batang dan meggantung kea rah tanah  akar ini membantu menyerap air dan oksigen dari udara. Bagian ujung akar yang menggantung memiliki jaingan khusus yang di sebut velamen, untuk menyerap air atau udara. Setelah pertumbuhan mencapai prmukaan dan menancap kedalam tanah, akar menyerap air dan mineral dari dalam tanah.  
Comments
0 Comments

Tidak ada komentar :

Posting Komentar