KURSOR merah

Translate

Sabtu, 21 Juni 2014

1. Objek Kajian Sosiologi 2. Kegunaan sosilogi 3. Metode Dalam Sosiologi dan 4. Ciri ciri sosiologi



Hai sobat kali ini kita akan membahas tentang sosiologi apa sih sosiologi itu, kita bahas satu satu dimulai dari  1, objek kajian sosiologi 2, kegunaan sosilogi 3, metode dalam sosiologi 4, ciri – ciri sosiologi tanpa basa basi lagi ayo kita bahas


A.      Definisi Sosiologi sebagi ilmu
1.       Objek Kajian Sosiologi
Secara etimologi (kebahasaan/asal kata) sosiologi berasal dari kata socious , yang berarti kawan atau teman dan logos yang artinya kata, berbicara, atau ilmu. Sosiologi berarti berbicara atau ilmu tentang kawan.kawan dalam pengertian ini merupakanhubungan antar manusia, baik secara individu maupun kelompok, yang meliputi berbagai hubungan. Baik yang mendekatkan maupun yang menjauhkan, baik yang menuju kepada bentuk kerja sama  maupun yang menu kepada permusuhan. Jadi, sosiologi adalah ilmu tentang berbagai hubungan antar manusia di dalam masyarakat. Hubungan  anatar manusia di dalam masyarakat disebut  hubungan social.

Objek kajian sosiologi adalah masyarakat (society), masyarakat merupakan kelompok manusia yang hidup bersama di wilayah tertentu dan memiliki aturan jelas. Dalam sebuah masyarakat terdapat beberapa komponen, seperti populasi, kebudayaan, organisasi soial, dan lembaga social.

2.       Kegunaan sosilogi
Sosiologi  sebagai ilmu mengenai masyarakat memiliki kegunaan yang berkaitan dengan kehidupan sehari hari . sosiologi berusaha menjelaskan fenomena atau fakta-fakta  yang terjadi  dlam masyarakat melalui berbagai penelitian. Adapun kegunaan sosiologi sebagai berikut
a.       Sebagai solusi masalah social
b.      Sebagai bahan perencanaan dan pembangunan social.
c.        Sebagai bahan pembuatan keputusan


3.       Metode Dalam Sosiologi
Objek utama sosiologi adalah masyarakat . untuk  mempelajari dan menjelaskan mengenai masyarakat dibutuhkan metode tertentu. Ada 4 metode pokok sebagai berikut:
a.       Metode kuantitatif digunakan  untuk meneliti fakta fakta yang dapat di ukur dengan angka angka menggunakan skala table, dan formula
b.      Metode kualitatif digunakan untuk meneliti fenomena yang tidak bias di ukur dengan angka.
c.       Metode deduktif menggunakan pendekatan dari hal hal yang bersifat umum ke hal- hal khusus
d.      Metode induktif menggunakan pendekatan dari hal – hal khusus ke hal – hal umum  atau menggeneralisasi


4.       Ciri ciri sosiologi
Sebagai  ilmu pengetahuan , sosiologi memiliki ciri – ciri  sebagai berikut
a.       Empiris
Artinya sosiologi adalah ilmu pengtahuan yang berdasarkan fakta /kenyataan sebenarnya dalam masyarakat.
b.      Teoritis
Artinya sosiologi merupakan ilmu pengathuan yang berusaha  menyusun teori berdasarkan hasil – hasil  observasi dan di susun scara logis untuk menjelaskan sebab akibat.
c.       Kumulatif
Artinya teori –teori dalam sosiologi disusun dari teori yang sudah ada dengan pengembangan dan perluasan sesuai pekembangan masyarakat, tetapi berusaha menjelaskan fakta tersebut secara logis dan analitis.



  sekian dari saya terima kasih sudah mengunjungi blog saya yang sederhana ini

Comments
0 Comments

Tidak ada komentar :

Posting Komentar