KURSOR merah

Translate

Selasa, 24 Juni 2014

kenapa sih keju berlubang ?



Mengapa keju bisa berlubang
Banyak yang bertanya Tanya mengapa keju swiss bisa berlubang baik saya akan menshare “mengapa keju bisa berlubang” berikut alasan nya

Makanan ini punya ciri khas berwarna kuning dan rasanya enak, tapi mengapa ada lubang nya ?
Keju merupakan olahan dari susu dan di sukai banyak orang. Biasanya keju di santap pagi sebagai ganti sarapan sebelum berangkat sekolah atau berangkat ke kantor, bahkan ada di beberapa Negara keju merupakan makanan bahan pokok, di karnakan keju mempunyai kandungan gizi yang tinggi. Salah satu Negara pengahasil  keju terbesar  di Dunia adalh Swiss.
Sampai saat ini Swiss sudah memproduksi lebih dari 450 jenis keju. Banyak sekali kan ? karena  pembuatan keju di Swiss sudah tradisi selama beratus – ratus tahun terdapat jenis jenis keju terkenal seperti Fribourgeouis, Gruyere,Saanen,Emmental,Appenzell dan Bellelay. Keju khas Swiss memiliki ciri khas berlubang lubang. Keju jenis Emmental adalah yang mempunyai lubang yang cukup banyak dan besar. Seperti film kartun Tom & Jerry tau kan.

Dalam pembuatan keju Swiss, terdapat bakteri bernama Streptoccus thermophilus, Lactobacillus, dan Propionibacterium shermani yang bercampur dengan susu sapi. Bakteri tersebut bisa mengubah susu  menjadi kental. Kemudian ditaruh di dalam cetakan kaju lalu direndam dengan air garam. Setalah direndam, keju di simpan ditempat yang bersuhu 26,7 derajat celcius sampai matang.

Setelah matang , keju tersebut di awetkan, dalam pengawetan ini, bakteri Propionibacterium shermani mengeluarkan gas karbondioksida yang berbentuk gelembung udara. Gelembung – gelembung ini lah yang membentuk lubang – lubang pada keju. Besar lubang pada keju Swiss pun bermacam – macam. Untuk keju yang dimatangkan dalam waktu sebentar akan mempunyai lubang kecil dan rasanya lembut. Sebalik nya keju yang dimatangkan waktu lama maka lubang nya kan lebih besar dan rasanya lebih kuat.

Itulah alasan mengapa keju bisa berlubang, ya saya pun dapatkan info dari buku yang saya baca hehe
Comments
0 Comments

Tidak ada komentar :

Posting Komentar