KURSOR merah

Translate

Rabu, 25 Juni 2014

fungsi vitamin



Hai sobat kali ini saya akan membagikann fungsi fungsi vitamin yang sudah di ketahui, berikut fungsi – fungsi nya

A.      Vitamin A
Vitamin A adalah vitamin yang berperan penting untuk menjaga dan merawat kecantikan kulit agar tetap licin dan halus. Fungsi lain yang sangat penting  adalah untuk pertumbuhan tubuh dan menjaga kesehatan mata. Vitamin A banyak terdapat pada wortel, sayuran hijau, ubi jalar, labu siam, avokad, dan semangka.  Sumber vitamin A dari makanan masih berupa provitamin A.
Selanjutnya, di dalam organ hati, provitamin A diubah menjadi vitaminA. Kekurangan vitamin A dapat mengakibatkan rabun senja dan xeroftalmia. Penyakit xeroftalmia menyebabkan mata mongering sehingga dapat mengakibatkan kebutaan



B.      Vitamin B1 (Tiamin)
Vitamin B1 ditemukan di Indonesia oleh seorang Belanda bernama Dr. Christian Eykman
Vitamin B1  merupakan  salah satu vitamin yang penting bagi tubuh kita. Fungsi vitamin ini ialah menambah nafsu makan serta mengatur fungsi  alat – alat pencernaan dan fungsi saraf sumber  Vitamin B1 yang terbaik adalah biji – bijian yang masih memiliki kulit ari, kecambah, gandum, ragi, dan kacang kacang kering. Kekurangan vitamin B1 akan menimbulkan gangguan pada saraf, mudah lelah, pencernaan kurang sempurna, serta menyebabkan penyakit beri – beri.

C.      Vitamin B2 (Riboflavin)
Vitamin B2 berperan penting pada pertumbuhan tubuh, menjaga kesehatan kulit, menjaga kesehatan rambut, menjaga kesehatan kuku, dan membantu proses metabolism karbohidrat sehingga diperoleh energy. Sumber vitamin B2 telur, susu, kacang – kacangan, dan ragi.

D.      Vitamin B6 (piridoksin)
Vitamin B6 berfungsi dalam pertumbuhan tubuh, menjaga kesehatan kulit dan rambut, mengurangi rasa mual dan meredakan mabuk perjalanan, mengurangi kejang lengan, serta mencegah pellagra atau kulit kasar   (merandang) Sumber vitamnin B6  ialah biji – biji an yang masih memiliki kulit ari, jagung, ikan dan ragi. Kekurangan Vitamin B6 mengakibatkan pellagra, susah tidur, mudah tersinggung dan defresi.

E.       Vitamin B12
Vitamin B12  berperan dalam proses pembentukan sel – sel darah merah serta memperbaiki daya konsentrasi . sumber vitamin B12 meliputi hati, daging, dan telur. Kekurangan Vitamin B12 akan menyebabkan anemia, kelelahan, dan gangguan kulit.

F.       Vitamin C (Asam Askorbat)
Vitamin C  berperan dalam proses penyembuhan infeksi serta menanggulangi alergi dan skorbut. Sumber Vitamin C, antara lain jeruk tomat, nanas, dan sayuran segar. Kekurangan Vitamin C, dapat mengakibatkan gusi berdarah, proses penyembuhan luka terhambat, nyeri pada persendian, dan daya tahan terhadap infeksi yang rendah.





G.     Vitamin D
Vitamin D sangat diperlukan dalam proses pembentukan  tulang dan memperkuat rangka. Sumber Vitamin D  dari makanan, antara lain minyak ikan, kuning telur, susu, mentega, dan ikan laut. Sumber Vitamin D dari makanan berupa provitamin D. sinar matahari akan membantu mengubah provitamin D menjadi D di permukaan kullit, kekurangan Vitamin D menyebabkan pertumbuhan terhambat, kaki bengkok, gigi keropos, dan kejang otot.





H.     Vitamin E
 

 Vitamin E berfungsi mencegah keguguran, kemandulan, dan perdarahan. Sumber Vitamin E
Berupa kecambah biji – bijian, minyak zaitun, dan minyak kelapa. Kekurangan Vitamin E
Menyebabkan gangguan pada otot dan kemandulan.





I.        Vitamin K
Vitamin K berperan pada proses pembekuan darah ketika ketika terjadi luka. Vitamin K
Banyak terdapat pada sayuran hijau, kedelai, dan tomat, kekurangan Vitamin K menyebabkan Vitamin K  menyebabkan darah sukar membeku

Comments
0 Comments

Tidak ada komentar :

Posting Komentar