KURSOR merah

Translate

Kamis, 26 Juni 2014

pengertian kelompok sosial



Secara sosiologis kelompok social mengandung pengertian sekelompok individu manusia yang hidup bersama dan tergabung dalam suatu ikatan kebersamaan dan menjalankan interaksi dan interelasi secara intensif dalam waktu relative lama, sehingga menimbulkan perasaan kebersamaan (some degree of fellow). Dari pengertian tersebut dapat diungkapkan sekelompok  orang yang berkumpul pada suatu tempat dalam kepentingan tertentu dalam waktu singkat dalam waktu singkat bukanlah sebuah kelompok social.
Berikut adalah pengertian kelompok social yang di ungkapkan oleh beberapa ahli.
a.       Paul B. Horton, dan Chester L hunt (1999), kelompok social sebagai kempulan manusia yang memiliki kesadaran akan keanggotaan nya dan saling berinteraksi.
b.      Soerjono Soekanto (1990), kelompok social  adalah himpunan atau kesatuan manusia yang hidup bersama karena adanya hubungan di antara mereka secara timbal balik dan saling memengaruhi.
c.       Hendro Puspito (1960), kelompok social adalah suatu kelompok nyata, teratur, dan tetap dari individu – individu yang melaksanakan peran –peran nya secara berkaitan guna mencapai tujuan bersama.
Comments
0 Comments

Tidak ada komentar :

Posting Komentar